Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen di Indonesia

Shirley Lasut, Johny Hardori, Sadrakh Sugiono, Yada Putra Gratia, Channel Eldad

Abstract


Kemajemukan masyarakat Indonesia yang hidup di berbagai kepulauan memiliki sumber kekayaan alam dan kekayaan budaya yang besar. Namun disisi lain, pluralitas kultural ini memiliki potensi terjadinya disintegrasi atau perpecahan bangsa karena perbedaan pendapat dan pandangan hidup yang dianut. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia belum berhasil mengembangkan pendidikan yang menumbuhkan perilaku memberi apresiasi pada perbedaan-perbedaan budaya, agama maupun kebiasaan masyarakat suku. Fakta ini mendorong pendidikan Agama Kristen untuk segera melaksanakan peranannya dalam mempersatukan kemajemukan yang ada. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pendekatan Pendidikan Agama Kristen dalam kehidupan masyarakat majemuk di Indonesia. Prosedur penelitian dari tulisan ini menggunakan metode kualitatif dan kajian kepustakaan khususnya mengenai pendekatan dan pengaturan pendidikan agama Kristen dalam kehidupan masyarakat majemuk. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen dan pengajar di gereja memasukkan pembahasan masyarakat majemuk dalam kurikulum atau ajaran dasar gereja yang selanjutnya dikembangkan dimensi pengetahuan, sosial, spiritual, dan komunal dari peserta didik dan jemaat.

Keywords


Edukatif; Pluralitas; Masyarakat Majemuk; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


“Analysis of Worring among Lecturers of Indonesian Bethel Theology on Covid-19.” Medico-Legal Update 20, no. 4 (2020). https://doi.org/10.37506/mlu.v20i4.2014.

Banks, James. Transforming the Multicultural Education of Teachers: Theory, Research and Practice. Edited by M. Vavrus. New York, NY: Teachers College Press, 2002.

Benyamin, Priskila Issak, Ibnu Salman, and Frans Pantan. “Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 52–59.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Erba?, Yahya Han. “Dimensions of Multicultural Education: Pedagogical Practices Knowledge of Graduate Students Towards Multicultural Education in Turkey.” Mediterranean Journal of Educational Research 13, no. 27 (2019): 142–81. https://doi.org/10.29329/mjer.2019.185.7.

Frans Pantan, Priskila Issak Benyamin, Johni Handori, Yuel Sumarno, and Sadrakh Sugiono. “Resiliensi Spiritual Menghadapi Disruption Religious Value Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Lembaga Keagamaan.” KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021).

Gratia, Yada Putra, Priskila Benyamin Issak, Yuel Sumarno, and Valentino Wariki. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Jurnal Ecodunamika 3, no. 1 (2020): 1–11.

Hadinoto, N.K. Atmadja. Dialog Dan Edukasi: Keluarga Kristen Dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.

Hasiholan, Anggi Maringan. “Studi Komparatif Terhadap Pemahaman Teologi Reformed Dengan Pemahaman Teologi Pentakosta Tentang Natur Manusia.” Pneumata 1, no. 1 (2020): 54–71.

Homrighausen, EG, and IH Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.

Kowal, Roike Roudjer. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Masyarakat Majemuk.” RHEMA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 3, no. 2 (2017): 71–81.

Latifa Faristin, Sugeng Hariyadi, Rahmatwati Prihastuty. “Akar Konflik Kerusuhan Antar Etnik Di Lampung Selatan.” Journal of Sosial and Industrial Psychology 2, no. 1 (2013): 64–68.

Maryam, Kurniawati. Pendidikan Kristiani Multikultural. Nusaloka, BSD, Tangerang: Bambo Brigde Press, 2014.

Minggus. “Pembelajaran Kontekstual Di Masa Pandemi Untuk Mengembangkan Spiritualitas Anak.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (2021): 82–97. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.126.

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, and Josia Pantja Paruntung. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2019): 27–39.

Pakpahan, Gernaida K. R., Frans Pantan, and Epafras Djohan Handojo. “Menuju Gereja Apostolik Transformatif.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani 5, no. 1 (2021): 136–46.

Priyanti, Neng, and Nabylla Sardy. “Epistemology Study: The Role of Christian Teachers Regarding Students Freedom in Learning.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 17, no. 1 (May 2021): 43–54. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.122.

Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017.

Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 1, no. 2 (2019): 146–72. https://doi.org/10.34081/270040.

Salman, Ibnu, Priskila Benyamin, and Wartoni Wartoni. “Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah.” INCRE, no. January (2021): 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.11-11-2020.2308302.

Setyobekti, Andreas Budi, Susanna Kathryn, and Suwondho Sumen. “Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Dalam Membingkai Keberagaman Pejabat Gereja Bethel Indonesia Di DKI Jakarta.” SOTIRIA (Jurnal Theologia Dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.47166/sot.v4i1.29.

Sirait, Jannes Eduard. “Persepsi Pendeta Jemaat Tentang Urgensi Manajemen Program Pelayanan Gereja Lokal.” PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 118–31.

Statistik, Badan Pusat. “Mengulik Data Suku Di Indonesia.” Badan Pusat Statistik, 2020.

Sugiono, Sadrakh, and Johni Hardori. “Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif.” Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2020): 14–24. https://doi.org/10.46933/dgs.vol5i214-24.

Sukirno, Sukirno, and Nur Adhim. “Implementasi Putusan Mahkamah Konstitusi No. 97/PUU-XIV/2016 Pada Masyarakat Adat Karuhun Urang Di Cigugur.” Jurnal Penelitian Hukum De Jure 20, no. 1 (2020): 11. https://doi.org/10.30641/dejure.2020.v20.11-24.

Susanto, A. B. “Pendididan Penyadaran Paulo Freire.” At-Ta’dib 4, no. 1 (2020): 81–100.

Syemor, Jack L. Mapping Christian Education: Approaches to Congregational Learning. Nashville: Abingdon Press, 1997.

Tafona’o, Talizaro. Pendidikan Agama Kristen Dalam Mayarakat Majemuk. Yogyakarta: Illumination Publishing, 2015.

Tambunan, A M Hasiholan, and Andreas Budi Setyobekti. “Ekstraksi Pemahaman Cyprianus Tentang Extra Ecclesiam Nulla Salus Bagi Gereja Pentakosta Di Era Postmodern.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 1 (2021): 28–42.

Tim CNN Indonesia. “Bentrok Antar-Suku Pecah Di NTT, Warga Sebut Lima Tewas.” CNN Indonesia, 2020.

Toisuta, Jakson Sespa. “Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 4, no. 1 (2021): 23–42. https://doi.org/10.34081/fidei.v4i1.178.

Untung, Naftali. “Kristus Dan Perempuan Samaria. Yohanes 41-42.” In Misi Inklusif: Berjumpa Dengan Firman Dan Realitas Untuk Misi Yang Inklusif. Jakarta: STT Bethel Indonesia, 2017.

Wongkar, Anggrini Amelia, and Yuel Sumarno. “Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 1–7.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792

 

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: