Persimpangan Sains, Agama, dan Filsafat Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v8i1.588Keywords:
Sains, Agama, Filsafat Lingkungan, Kolaborasi Interdisipliner, Krisis Ekologi, Keberlanjutan.Abstract
Krisis ekologi global membutuhkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan sains, agama, dan filsafat lingkungan untuk menghadapi tantangan lingkungan yang kompleks. Kolaborasi interdisipliner ini menawarkan solusi yang komprehensif dengan menggabungkan wawasan empiris dari sains dengan dimensi etis dan spiritual yang disediakan oleh agama dan filsafat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi sains, agama, dan filsafat lingkungan dalam menghadapi krisis ekologi, dengan fokus khusus pada kolaborasi lintas agama dan peran perspektif religius dalam membentuk etika lingkungan. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mensintesis wawasan dari berbagai bidang untuk mengusulkan kerangka etis yang terintegrasi dalam menciptakan solusi ekologi yang berkelanjutan. Meskipun tantangan seperti pluralisme nilai dan perbedaan metodologis tetap ada, integrasi perspektif ilmiah, religius, dan filosofis memiliki potensi besar untuk membentuk kebijakan dan praktik lingkungan yang transformatif. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya dialog lintas disiplin dan lintas agama untuk mengembangkan pendekatan penatalayanan lingkungan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
References
Bhusnar, Madhav Gangaram. “Environmental Ethics and Its Development with Respect to Indian Philosophy and Culturels.” International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education 7, no. 4 (2021): 2484–2490.
Budiman, Sabda, and Enggar Objantoro. “Survei Kesadaran Memelihara Lingkungan Hidup Berdasarkan Perspektif Ekoteologi Di STT Simpson Ungaran.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 1 (2022): 92–114.
Campbell, Lisa M. “Overcoming Obstacles to Interdisciplinary Research.” Conservation Biology 19, no. 2 (2005): 574–577.
Chuvieco, Emilio, and Mario Burgui. “Impact of Religious Affiliation on Ethical Values of Spanish Environmental Activists.” Religions 7, no. 5 (2016).
Destoumieux-Garzón, Delphine, Franziska Matthies-Wiesler, Nicolas Bierne, Aurélie Binot, Jérôme Boissier, Anaïs Devouge, Jeanne Garric, et al. “Getting out of Crises: Environmental, Social-Ecological and Evolutionary Research Is Needed to Avoid Future Risks of Pandemics.” Environment International 158 (2022).
Devall, Bill, and George Sessions. Deep Ecology: Living as If Nature Mattered. Layton: Gibbs Smith Publisher, 2007.
Dias, Ana S.M.E., António Abreu, Helena V.G. Navas, and Ricardo Santos. “Proposal of a Holistic Framework to Support Sustainability of New Product Innovation Processes.” Sustainability (Switzerland) 12, no. 8 (2020): 1–18.
Fu, Bojie. “Coupling Human and Natural Systems for Sustainable Development.” National Science Review 10, no. 7 (2023): 2023.
George, Marie. “Is Eco-Theologian Thomas Berry a Thomist?” Scientia et Fides 7, no. 1 (2019): 47–71.
Hope, Aimie L.B., and Christopher R. Jones. “The Impact of Religious Faith on Attitudes to Environmental Issues and Carbon Capture and Storage (CCS) Technologies: A Mixed Methods Study.” Technology in Society 38 (2014): 48–59.
Horn, Annemarie, Marjoleine G. van der Meij, Willemine L. Willems, Frank Kupper, and Marjolein B.M. Zweekhorst. “Developing Interdisciplinary Consciousness for Sustainability: Using Playful Frame Reflection to Challenge Disciplinary Bias.” Sustainability: Science, Practice, and Policy 18, no. 1 (2022): 515–530.
Ilina, Halyna. “Environmental Philosophy of Ecumenical Patriarch Bartholomew I.” Sophia. Human and Religious Studies Bulletin 19, no. 1 (2022): 55–58.
Jenkins, Willis. “After Lynn White: Religious Ethics and Environmental Problems.” Journal of Religious Ethics 37, no. 2 (2009): 283–309.
Kaoma, Kapya. “Towards an African Theological Ethic of Earth Care: Encountering the Tonga Lwiindi of Simaamba of Zambia in the Face of the Ecological Crisis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 73, no. 3 (2017): 1–10.
Katongole, Emmanuel. “Mission as Integral Ecology: Doing Theology at Bethany.” Mission Studies 39, no. 2 (2022): 163–185.
Latif, Muhaemin, Darmawati Hanafi, Rahmi Damis, and Abdi Goncing. “Environmental Theology and Its Relevance to Islamic Law: Perception of Makassar Muslim Scholars, Indonesia.” Samarah 7, no. 3 (2023): 1734–1756.
Laursen, Bethany K., Chad Gonnerman, and Stephen J. Crowley. “Improving Philosophical Dialogue Interventions to Better Resolve Problematic Value Pluralism in Collaborative Environmental Science.” Studies in History and Philosophy of Science 87 (2021): 54–71.
Lowe, Benjamin S., Susan K. Jacobson, Glenn D. Israel, and Anna L. Peterson. “Association of Religious End Time Beliefs with Attitudes toward Climate Change and Biodiversity Loss.” Sustainability (Switzerland) 15, no. 11 (2023).
Maarschalk, R., and H. Viviers. “Die Godsredes in Die Boek Job: Ideologie En Eko-Teologie.” Verbum et Ecclesia 23, no. 1 (2002): 125–140.
McKim, Robert. “Prospects and Possibilities for Interfaith Environmentalism.” Religious Studies 60, no. 1 (2024): 147–159.
McMichael, Anthony J. “Environmental Change, Climate and Population Health: A Challenge for Inter-Disciplinary Research.” Environmental Health and Preventive Medicine 13, no. 4 (2008): 183–186.
Naess, Arne. “The Shallow and the Deep, Long‐range Ecology Movement. A Summary∗.” Inquiry 16, no. 1–4 (1973): 95–100.
Nagatsu, Michiru, Taylor Davis, C. Tyler DesRoches, Inkeri Koskinen, Miles MacLeod, Milutin Stojanovic, and Henrik Thorén. “Philosophy of Science for Sustainability Science.” Sustainability Science 15 (2020): 1807–1817.
Nunes-Neto, Nei de Freitas. “The Environmental Crisis as a Good Case for an Intellectual and Practical Integration Between Philosophy and Science.” Science & Education 24, no. 9–10 (2015): 1285–1299.
Puglisi, Antonino, and Johan Buitendag. “The Religious Vision of Nature in the Light of Laudato Si’: An Interreligious Reading between Islam and Christianity.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 76, no. 1 (2020): 1–10.
Sayem, Md. Abu. “Religious Perspectives on Environmental Issues : A Comparative Study of John B . Cobb , Jr . and Seyyed Hossein Nasr.” Australian Journal of Islamic Studies 4, no. 3 (2019): 34–50.
Suwito, Suwito. “Etika Lingkungan Dalam Kosmologi Sufistik Menurut Seyeed Hossein Nasr.” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, no. 2 (2017): 221.
Toby Svoboda. “Environmental Philosophy as a Way of Life.” Ethics & the Environment 21, no. 1 (2016): 1–27.
van der Westhuizen, Marichen A. “A Holistic Interdisciplinary Approach towards Environmental Justice and Youth Empowerment.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 77, no. 2 (2021): 1–8.
White, Lynn. “The Historical Roots of Our Ecologic Crisis.” Science 155, no. 3767 (1967): 1203–1207.
Yuono, Yusup Rogo. “Melawan Etika Lingkungan Antroposentris Melalui Interpretasi Teologi Penciptaan Sebagai Landasan Bagi Pengelolaan-Pelestarian Lingkungan.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 186–206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Penulis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).