Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47Keywords:
Keterampilan, guru, minat, belajar, muridAbstract
Salah satu tantangan dalam  proses belajar mengajar di kelas adalah murid tidak antusias. Setiap guru mengharapkan selama mengajar di kelas semua murid antusias dan penuh minat. Kenyataannya tidak seperti itu, karena tidak semua guru memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah murid yang kurang antusias. Oleh karena itu kajian tentang keterampilan guru dalam meningkatkan minat murid untuk belajar sangat diperlukan. Tujuan dari kajian ini untuk mendorong guru menambah keterampilan dalam melaksanakan tugasnya sehingga murid belajar dengan penuh perhatian. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan istilah-istilah yang digunakan pada judul tulisan berdasarkan sumber yang berkaitan, dihubungkan dengan pengalaman penulis secara subyektif selama mengajar di kelas. Poin penting hasil kajian ini ialah guru harus memiliki ketrampilan untuk mengelola kelas dengan baik. Guru harus menguasai keterampilan untuk mulai pembukaan sampai pada penutupan kelas.  Guru harus menguasai keterampilan dalam bertanya, menjelaskan, memberi penguatan, dan juga dalam membuat variasi. Keterampilan dalam pengelolaan kelas ini berpengaruh besar terhadap perhatian murid untuk belajar.
References
Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014
Baley, Richard A. ed., New Testament Issues. New York: Harper adn Row, 2007.
Nainggolan, John M, Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media, 2007.
Nurhayati, Lusi, Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks, 2008.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengmbangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Raja Grafindo Persada, 2014.
Sabri, Alisuf, Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2007.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011
Sijabat, Samuel, Strategi Pendidikan Kristen. Yogjakarta:Andi, 1994.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Grup, 2013.
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Remaja Rosdakarya, 2006.
Winataputra, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universita Terbuka Depatemen Pendidikan Nasional, 2007.
________, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN), 2003.
________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).