Evaluasi Pelaksanaan Home Based Learning
Abstract
ÂDalam artikel ini, peneliti memaparkan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran dari rumah dengan memfokuskan penelitian di lingkungan SMP Bintang Mulia Bandung yang menyebutnya dengan istilah home based learning (HBL). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif deskriptif  dengan menggunakan teknik survei terhadap 211 responden (siswa kelas VII sampai kelas IX) dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran home based learning mengalami keberhasilan dengan indikator sebagai berikut: proses belajar-mengajar berjalan dengan baik, tersedianya perangkat pendukung kegiatan HBL yang dimiliki sekolah, kesiapan guru-guru yang melaksanakan HBL, serta positifnya respon para responden terhadap proses HBL.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi. “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.â€
Agus Hardiansyah, Muhammad, Iwan Ramadhan, Beliana Pratiwi, and Nurita Kusumayanti. “Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ke Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP†5, no. 6 (2021).
Daniar, Ratna Wijayanti, and Paramita. Metode Penelitian Kuantitatif. Lumajang: Widyagama Press, 2021.
Disdikjabar. “Pedoman BDR Terbaru,†2020.
Humas Jabar. “Disdik Jabar Mulai Siapkan PTM Terbatas Juli Mendatang - Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.â€
Ishsan, Amri. “Dari Daring Ke Luring: Sebuah Transisi.â€
Kemendikbud. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.â€
KPAI. “"SurveI Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dan†(2020).
Marison, Walda. “Orang Tua Mengeluh Tak Bisa Dampingi Anak Belajar Jadi Alasan KBM Tatap Muka Di Bekasi Halaman All - Kompas.Com.â€
Mranani, Titah. “Efek Negatif Belajar Jarak Jauh Berkepanjangan Selama Pandemi Covid-19 | Merdeka.Com.â€
Palau, Emi La. “Sekolah Tatap Muka Di Bandung Akan Berlaku Terbatas | BandungBergerak.Id.â€
Pendidikan, Menteri, Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri, and Dalam Negeri. “Keputusan Bersama†(August 2020).
Purba, Paskah Parlaungan. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Remaja.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 298–314.
Putra, Nanda Perdana. “HEADLINE: 1.303 Sekolah Jadi Klaster Covid-19 Selama PTM Terbatas, Penanganannya? - News Liputan6.Com.â€
Sekretariat GTK. “GTK Kemendikbudristek 2022.â€
Sumarno, Yuel, Apin Militia Christi, Febie Yolla Gracia, Anastasia Runesi, and Hendrik Timadius. “Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 226–244.
Ulfa, Maria S.Pd. M.Si, and Ni Komang Suarningsih. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori.†Jurnal Psikologi Konseling 12, no. 1 (2018).
Yadi. “Self Management Di Masa Pandemi? Cara Asyik Mendisiplinkan Siswa Tanpa Tatap Muka | Gheroy.â€
DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v5i2.374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
pISSN: 2621-8151
eISSN: 2621-8135
Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika
Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792
Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: