Sumbangsih PAK Bagi Pertumbuhan Iman dan Moral Kaum Muda di Era Revolusi Industri 4.0.
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.279Keywords:
Christian Religious Education, Youth / Youth, Industrial Revolution 4.0Abstract
Perkembangan revolusi industri 4.0 menimbulkan pergeseran ke arah teknologi digital yang memungkinkan otomatisasi di semua bidang untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif termasuk penurunan pertumbuhan iman dan moral setiap orang, khususnya para kaum muda akibat perkembangan industri 4.0. Artikel ini mengungkapkan dampak dari perkembangan era revolusi industri 4.0 terhadap iman dan moral para kaum muda serta pada bagian akhir dijelaskan mengenai implikasinya terhadap Pendidikan Agama Kristen masa kini. Tujuan dari penulisan artikel untuk memberikan pemahaman mengenai tantangan-tantangan dari era revolusi industri 4.0 dan dampaknya terhadap pertumbuhan iman dan moral bagi para kaum muda. Hasil dari artikel untuk melihat bagaimana sumbangsih Pendidikan Agama Kristen dalam menguatkan kembali moral kaum muda yang merosot akibat perkembangan teknologi dengan mengarahkan mereka kepada nilai-nilai ajaran Kristus agar kemerosotan pertumbuhan iman dan moral kembali menjadi lebih baik di tengah-tengah era industri 4.0 ini. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalan kualitatif dengan melakukan pendekatan literatur yang kemudian dapat dianalisis untuk menjelaskan dan memberikan solusi sebagai implikasi Pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan kembali pertumbuhan iman dan moral kaum muda di di era revolusi industri 4.0.References
Agus Sutrisno. “Revolusi Industri 4.0 Dan Berbagai Implikasinya.” Jurnal Tekno Mesin 5, no. 1 (2018): 5–7.
Ahmad Yani Nasution dan Moh Jazuli. “Menangkal Degradasi Moral Di Era Digital Bagi Kalana.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk NegeriMengabdi Untuk Negeri 2, no. 1 (2020): 79–84.
Aritonang, Sovian, and Riyadi Juhana. “Strategi Pembelajaran Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Pasca Sarjana 2019 UNNES (2020).
Boiliu, Esti R. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 77–89.
Boiliu, Esti Regina. “Penerapan Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Real Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2022): 61–72.
Darianti dan Talizaro tafonao. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Remaja Usia 12-15 Tahun Di Era 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 3 (2021): 202–211.
E.B. Surbakti. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.
Hadi Machmud. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” Al Ta’dib 7, no. 2 (2014).
Hamdan, Hamdan. “Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 3, no. 2 (2018): 1.
Haryadi Baskoro, Hendro H. Siburian. “Keseimbangan Antara Spiritualitas Dan Intelektualitas Dalam Pelayanan Pentakostal-Karismatik.” Fidei Vo.2 No.1 (2019).
Herianto Sande Pailang. “Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasarkan Amsal 22:6.” STT JaffrayMakasar 1, no. 1 (2011): 1–8.
Iqbal Maesa Febriawan. “Pemuda Kekinian Dan Media Sosial: Tantangan Dan Peluang Untuk Kesehatan Jiwa.”
Kevin Tonny Rey. “Konstruksi Teologi Dalam Konteks Reposisi Pemikiran Warga Gereja.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 2, no. 1 (2018): 1–13.
Maria, Margaretha, Shinta Pratiwi, and Maria Goretti Adiyanti. “Intensitas Emosi Moral Pada Remaja.” In Seminar Nasional Hasil Penelitian, 7:389–395, 2013.
Maria Puspitasari. ““ Pemuda GKJ Purwokerto : Karakteristik Pemuda Pada Lingkungan Gereja Dalam Menjawab Masa Kini.” Prosiding: Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX (2019): 19–20.
Matinahoruw, Adri O E. “Peran Pemuda Kristen Di Tengah Tantangan Revolusi Industri 4.0 (Analisa Naratif Terhadap Matius 5: 13--16).” NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan 1, no. 1 (2020): 53–68.
Muhammad Yahya, H. “Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018” 8, no. 1 (2019).
Muthohar, Sofa. “Antisipasi Degradasi Moral Di Era Global.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2016): 321–334.
Natasuwarna, Amar P. “Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4 . 0 - Big Data Dan Data Mining.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 (2019): 23–27.
Ordianti Lahagu. Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Remaja Sekolah Menengah Pertama. OSF Preprints, 2021.
Panjaitan, Firman, and Marthin Steven Lumingkewas. “Ibadah Jemaat Kristen Kontemporer Abad 21 Dan Tinjauan Kritis-Liturgis.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 159–182.
Prasetyo, Banu, and Danumi Trisyanti. “Prosiding Semateksos 3 ‘Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0’ Revolusi Industri 4.0.” Teknik Indsutri (2019): 22–27.
Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri 13, no. 1 (2018): 17.
Putra, Pratama. “Peluang Pengembangan Perpustakaan Berbasis.” Revolusi Industri 4.0 : Peluang Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi 25, no. 3 (2018): 35–41.
Roswitna Ndrahadan & Julianto Simanjuntak. 9 Masalah Utama Remaja: Memahami Dan Berkomunikasi Dengan Remaja Masa Kini. Jakarta: Yayasan Peduli Konseling Indonesia, 2009.
Rumahorbo, Benget. “Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4 . 0” 9 (2019): 132–144.
Satya, Venti Eka. “Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0.” Jurnal Info Singkat 10, no. 9 (2018): 19–24.
Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” In Seminar Nasional Pendidikan, 1–9, 2017.
Suryanti, Ch. “Refleksi Dan Tantangannya Dalam Mengembangkan Moralitas Kaum Muda.” Orientasi Baru 19, no. 2 (2010): 155–170.
Wiseman, Karyn L. James K. A. Smith, Desiring the Kingdom: Worship, Worldview, and Cultural Formation. Homiletic. Vol. 37, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).