Pendidikan Perdamaian bagi Remaja: Upaya Pencegahan Terjadinya Konflik antar Umat Beragama
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.228Keywords:
Pendidikan Perdamaian, Remaja, KonflikAbstract
Artikel ini berisi pembahasan tentang penerapan Pendidikan Perdamaian bagi remaja sebagai upaya pencegahan terjadinya konflik antar umat beragama khususnya di indonesia yang memiliki berbagai Agama. Begitu banyak Agama yang ada di Indonesia sehingga seringkali terjadi konflik sosial atau konflik antar umat beragama sehingga mengakibatkan hilangnya rasa damai dalam masyarakat. Dengan demikian, dibutuhkan suatu pencegahan yang sedapat-dapatnya mampu menyelesaikan konflik tersebut. Remaja yang merupakan generasi penerus bangsa tentunya harus dibekali sejak dini mengenai Pendidikan Perdamaian sehingga remaja menyadari bagaimana mereka harus bersikap dalam menghadapi perbedaan-perbedaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode penelitian kualitatif melalui penelitian pustaka. Hasil dari penulisan artikel ini yakni ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menerapkan pendidikan perdamaian bagi remaja ialah seperti: melakukan edukasi kepada remaja; melibatkan remaja dalam dialog antar agama; menanamkan konsep alkitabiah mengenai perdamaian; serta menyusun kurikulum pembelajaran yang memuat pendidikan perdamaian.
References
Akbar, Muhamad Saepul. “Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Perdamaian Dalam Membangun Interaksi Yang Positif.” Sosietas 8 (2018): 436.
Alganih, Igneus. Konflik Poso (Kajian Historis Tahun 1998-2001). Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 5, August 2016.
Chomaria, Nurul. Aku Sudah Gede. Sukoharjo: Samudera, 2008.
Duraesa, Abzar. Diskursus Pluralisme Agama Di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2019.
Hartani, Mallia, and Soni Akhmad Nulhaqim. “Analisis Konflik Antar Umat Beragama Di Aceh Singkil.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 2, no. 2 (August 2020): 93–99.
HRW. “Pelanggaran Terhadap Minoritas Agama Di Indonesia | Human Right Watch.”
KBBI. “Pendidikan.”
Kompas. “Survei Kemenag: Tingkat Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia Tinggi.”
Kurniawan, Budi. “Politisasi Agama Di Tahun Politik: Politik Pasca-Kebenaran Di Indonesia Dan Ancaman Bagi Demokrasi.” Sosiologi Agama 12, no. 1 (2018): 133–154.
Lindawaty, Debora Sanur. “Konflik Ambon: Kajian Terhadap Beberapa Akar Permasalahan Dan Solusinya.” Politica Vol. 2, No, no. Religion (2011): 272–284.
Lumban Gaol, Stefanus M. Marbun, and Kalis Stevanus. “Pendidikan Seks Pada Remaja.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (2019): 325–343.
Manik, Jefri Susanto. “Makna ‘Kasihilah Musuhmu’ Menurut Matius 5:43-48 Dan Signifikansinya Bagi Jemaat Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi Siompin Aceh Singkil” (2017): 1–10.
Marimba, Ahmad. D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma‘arif, 1989.
Merdeka. “Keluarga Di Cikarang Dilarang Ibadah Oleh Warga.”
Nugroho, Widhi Arief. “Peranan Pendidikan Keluarga Tentang Kekudusan Hidup Menurut Roma 12:1-2.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 185–198.
Nurcholish, Ahmad. Peace Education & Pendidikan Perdamaian Gus Dur. Jakarta: Elex Media Komputindo, n.d.
Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Page, James S. Peace Education: Exploring Ethical and Philosophical Foundations. Edited by Information Age Publisher. New York, 2008.
Rantung, Djoys Anneke. “Peran Pendidikan Perdamaian Kaitannya Dengan PAK Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal shanan: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2017): 13–15.
———. Resolusi Konflik Dalam Organisasi. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Riyadi, Ahmad dan Hendris. “Konflik Antar Agama Dan Intra Agama Di Indonesia.” Sosio Reflektif 10 (2016).
Setiawan, David Eko, and Firman Panjaitan. “Titik Temu Pancasila Dan Etika Politik Gereja Dalam Melawan Radikalisme Di Indonesia.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 7, no. 01 (2021): 43–56.
Synott, Ian Harris dan John. “’Peace Education for a New Century’’, Social Alternatives 21” 1 (2002): 3–6.
Syukron, Buyung. “Agama Dalam Pusaran Konflik.” RI’ AYAH 02, No. 01 (2017): 7–28.
Wulandari, Taat. “Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian Di Sekolah” (2010).
Undang Undang Republik Indonesia, n.d.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).