Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Jakson Sespa Toisuta

Abstract


Seluruh dunia tergoncang akibat munculnya pandemi Covid-19. Tidak terkecuali dunia pendidikan. Sekolah dan kampus akhirnya ditutup dan diharuskan belajar dari rumah secara online sebagai salah satu cara memutus rantai penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dosen dalam mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh secara online terhadap mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi Blessing Indonesia Makassar pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian, deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Responden sebanyak 8 orang dosen, data wawancara di transkrip secara verbatim kemudian dianalisa dan disimpulkan. Hasil penelitian didapatkan tiga tema, yaitu: Pertama; ditetapkan platform WhatsApp Grup sebagai media utama yang digunakan dalam proses belajar online, karena dianggap lebih sederhana, efisien dan hemat biaya bagi mahasiswa yang mayoritas di daerah yang sulit terjangkau signal internet. Kedua; beberapa dosen siap membantu mahasiswa dengan menyalurkan dana dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan kuota internet mahasiswa, memberikan pendampingan motivasi belajar dengan terus membangun komunikasi yang bersahabat dengan mahasiswa melalui whatsapp group diluar jam perkuliahan. Ketiga; harapan dari dosen kepada mahasiswa adalah mahasiswa bisa membangun konsep belajar mandiri (Self Regulated Learning) untuk mengembangkan pengetahuan, karakter dan kerohaniannya (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik) sekalipun jauh dari kontrol dan pengawasan dosen secara langsung.


Keywords


Peran Dosen; Permasalahan Pembelajaran Online; Pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Aliya, Humaira. “Ketahui Dampak Corona Bagi Dunia Pendidikan Indonesia Dan Mancanegara.” Glints.Com, 2020.

Belawati, Tian. Buku Pembelajaran Online. Universitas Terbuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan - 15437, Banten - Indonesia, 2020.

Buulolo, Sister, Nelci Kual, Rolan Marthin Sina, and Hendro Hariyanto Siburian. “Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter Dan Spiritual Peserta Didik.” Peada’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 129–143.

Engko, Cecilia, and Paul Usmany. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online.” Jurnal Akuntansi 6, no. 1 (2020): 23–38.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2, no. 2 (2020): 81–89.

Harahap, Ade Chita Putri, Dinda Permatasari Harahap, and Samsul Rivai Harahap. “Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.” Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 3, no. 1 (2020): 10–14.

Hidayat, Anwar. “Penjelasan Teknik Purposive Sampling Lengkap Detail.” Metodologi Penelitian, 2017.

Marpaung, Nasrun, Masitah Handayani, and Rolly Yesputra. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Dengan Metode Weighted Product (WP) Pada STMIK Royal.” Seminar Nasional Royal 2018 9986, no. September (2018): 267–270.

Papilaya, Jeanete Ophilia, and Neleke Huliselan. “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Undip 15, no. 1 (2016): 56.

Prasetya, Tri Adi, and Chrisna Tri Harjanto. “Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 17, no. 2 (2020): 188–197.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 1–12.

Riadi, Selamat, Ellyn Normelani, Muhammad Efendi, Irawaty Safitri, and Gusti Firza. “Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP ULM 2, no. 2 (2020): 219–227.

Rosalia, Risa, and A. Jauhar Fuad. “Peran Dosen Dalam Meminimalisasi Perilaku Plagiasi Mahasiswa.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 2, no. 1 (2019): 61–77.

Rusdiana, Emmilia, and Arinto Nugroho. “Respon Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia.” Integralistik 19, no. 2 (2017): 148–152.

Setiaji, Bayu, and Pri Ariadi Cahya Dinata. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-Learning Dalam Situasi Pandemi Covid-19.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 59–70.

Siahaan, Matdio. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 73–80.

Siburian, Hendro Hariyanto, and Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (2019).

Suardana, I Kade. “Implementasi Model Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 45, no. 1 (2012): 56–65.

Sukardi, Sukardi, and Muhammad Hudan Rahmat. “Pencapaian Hasil Belajar Teori Kejuruan Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Pada Pembelajaran Online.” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin 4, no. 2 (2019): 111–116.

Sumardjoko, Bambang. “Faktor-Faktor Determinan Peran Dosen Dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3, no. 3 (2010): 294–310.

Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103.

Trie Hartiti Retnowati , Djemari Mardapi, Badrun Kartowagiran, Suranto. “Model Evaluasi Kinerja Dosen: Pengembangan Instrumen Untuk Mengevaluasi Kinerja Dosen.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 21, no. 2 (2017): 206–214.

Waspodo, Muktiono. “Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid -19 Komang.” COVID-19: Perspektif Pendidikan, no. October (2020): 11.

Yanuarti Eka, Purnama Sari Devi. “Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 2, no. 2 (2019).

Yuliati, Y, and D S Saputra. “Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Elementaria Edukasia 3, no. 1 (2020): 142–149.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v4i1.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792

 

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: