Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi

Sarah Andrianti

Abstract


Perubahan kurikulum yang terjadi berdampak pada proses belajar mengajar. Guru dituntut harus mampu mengikuti perkembangan kurikulum dan mengaplikasinya dalam proses belajar mengajar. Tuntutan profesionalisme berlaku pada semua guru pendidikan, termasuk guru Pendidikan Agama Kristen. Literasi sangat erat hubungannya dengan Bahasa yaitu kemampuan Bahasa tulis dan lisan. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan peran guru Pendidikan agama Kristen sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran literasi di kelas. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru dalam peran nyata sebagai fasilitator di lingkungan belajar yang berbasis literasi adalah: (1) Mempersiapkan sarana prasarana yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar;  (2) Menyediakan alat-alat bantu (audiovisual aid) dan literatur yang relevan; (3) Menciptakan kondisi emosional serta sosial yang bermanfaat dalam proses belajar; serta (4) Merencanakan kegiatan belajar yang lebih efektif. Hasil penelitian ini berupa sebuah  pendapat yang diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan literasi yang sedang dihadapi. Kesimpulannya peran guru PAK sebagai fasilitator dalam pembelajaran literasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Keywords


Guru sebagai fasilitator, Pembelajaran Literasi dan Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan SMA. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017.

Daryanto bagaimana guru profesional itu?. (2013) [Online]. Tersedia: http://www.m-edukasi.web.id/2013/03/bagaimana-guru-profesional-itu.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2017.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Malawi,Ibadullah. Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari HS.Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal(Magetan: AE Media Grafika, 2017),

Padmadewi, Ni Nyoman& Ni Putu Artini, Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktek (Bandung: Nilacakra, 2018),

Rakhmaniah,Afiah. Istarti dkk, “Strategi pembelajaran di SD modul 8, 11, 12â€. Universitas terbuka, diakses dari

Sidjabat,B.S. Mengajar Secara Profesional: Bandung: Kalam Hidup. 1993,

Tung,Khoe YaoMenuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini (Yogyakarta: Andi Ofset, 2005), 47.

Salinan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Kemdikbud RI. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Tersedia pada ttp://cerdasberkarakter.kemdikbud. go.id. Diakses 20 Februari 2017

Subandiyah, Heny. 2015. Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra jurnal ilmiah Bahasa Sastra dan pembelaarannya, (Online), 2 (1) : (http://ejournal.fbs.unesa.ac.id/index.php/Paramasastra/article/download/27/32), diakses 26 november 2018.

Sri Mulyati, “Pembelajaran Literasi Yang Berkarakter†https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8943/i45.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

https://www.academia.edu/9067675/Perencanaan_Pembelajaran_yang_Efektif?auto=download pada 26 november 2018

Oxford Advanced Learner’s Dictionary Edisi ke-7, 2005:898 ,dalam Usaid Prioritas, 2014.

(https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/)

http://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.

http://adityaleksmana14.blogspot.com/2013/04/penjelasan-metode-penelitian-deskriptif.html

https://idtesis.com/metode-deskriptif/

https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/

https://tirto.id/literasi-indonesia-yang-belum-merdeka-bBJS

https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/

http://theconversation.com/model-literasi-yang-bermanfaat-untuk-indonesia-bukan-sekadar-melek-huruf-82508

https://www.dkampus.com/2017/05/pengertian-literasi-menurut-para-ahli/

https://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_ BAHASA_INDONESIA

https://gurudigital.id/jenis-pengertian-literasi-adalah/

prioroitaspendidikan.org

http://www.academia.edu/35269467/PEMBELAJARAN_LITERASI_DALAM_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA. Diunduh tanggal 30 0ktober 2018

https://www.telegraph.co.uk/technology/5311151/Robot-teacher-conducts-first-class-in-Tokyo-school.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2018

http://www.medukasi.web.id/2013/03/bagaimana-guru-profesional-itu.html. Diunduh tanggal 29 0ktober 2018.

https://idtesis.com/metode-deskriptif/ diunduh 30 oktober 2018




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Copyright © 2018-2024. All Rights Reserved.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Alamat: Kalisoro RT 001/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah 57792

 

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di: